Media Visual Puzzle
Media Visual adalah media yang dapat dilihat atau media yang dapat dinikmati lewat panca indra mata. ada berbagai jenis media visual seperti foto, gambar, puzzle, brosur, poster, dll. Media visual ini sangat banyak digunakan oleh guru-guru pada umumnya karena selain memudahkan penyampaian materi, juga mudah untuk diproyeksikan atau diaplikasikan ke pembelajaran.
Jenis
Media :
Puzzle
Kelas
: 3
Tema
: 8
Pembelajaran
:
1
Subtema : 2
Kompetensi Dasar :
·
Matematika
3.12
Menganalisis berbagai bangun
datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.12 Mengelompokkan berbagai bangun datar
berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
·
Bahasa Indonesia
3.9 Mengidentifikasi
lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta
artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9 Menyajikan hasil identifikasi
tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta
artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif
·
SBdP
3.3 Mengetahui
dinamika gerak tari
4.3 Memeragakan
dinamika gerak tari
Indikator :
·
Matematika
3.12.1. Mengidentifikasi macam-macam Bangun datar
dengan Benar
4.12.1. Mengelompokkan berbagai bentuk bangun datar dengan benar
·
Bahasa Indonesia
3.9.1. Mengindentifikasi
informasi terkait lambang negara dengan benar.
4.9.1 Menceritakan kembali
informasi terkait lambang negara dengan benar.
·
SBdP
3.3.1 Mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah
tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar
4.3.1 Memeragakan kombinasi gerak kuat lemah
tangan, kaki, dan
kepala dalam tarian dengan benar
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks
yang dibaca dengan benar.
2. Setelah
berdiskusi, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka berdasarkan teks
yang dibaca dengan benar.
3. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui
gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
4. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai bangun datar dengan
menggunakan gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
5. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah
tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
6. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan,
kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
Alat dan Bahan :
Alat : cutter, gunting
Bahan : sterofom, lem kertas, doble
tip.
Langkah-langkah
pembuatan :
1. 1. Potonglah sterofoam sesuai dengan bentuk puzzle yang ingin dibuat.
2. 2. Tempelkan bentuk-bentuk bangun datar di
atas potongan-potongan puzzle.
3. 3. Tempelkan nama-nama bangun datar di atas
potongan puzzle lainnya.
4. 4. Puzzle siap di gunakan
Produk
akhir :
Komentar
Posting Komentar