Media Visual Puzzle

     Media Visual adalah media yang dapat dilihat atau media yang dapat dinikmati lewat panca indra mata. ada berbagai jenis media visual seperti foto, gambar, puzzle, brosur, poster, dll. Media visual ini sangat banyak digunakan oleh guru-guru pada umumnya karena selain memudahkan penyampaian materi, juga mudah untuk diproyeksikan atau diaplikasikan ke pembelajaran.

Jenis Media                : Puzzle

Kelas                           : 3

Tema                          : 8

Pembelajaran            : 1

Subtema                     : 2       

Kompetensi Dasar     :  

·         Matematika

3.12   Menganalisis  berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki

4.12   Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki

·         Bahasa Indonesia

3.9     Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

4.9     Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

·         SBdP

3.3    Mengetahui dinamika gerak tari

4.3    Memeragakan dinamika gerak tari

Indikator :

·         Matematika

3.12.1.  Mengidentifikasi macam-macam Bangun datar dengan Benar

4.12.1.  Mengelompokkan berbagai  bentuk bangun datar dengan benar

·         Bahasa Indonesia

3.9.1. Mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar.

4.9.1  Menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.

·         SBdP

3.3.1   Mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan  kepala dalam   tarian dengan benar

4.3.1   Memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan

           kepala dalam tarian dengan benar

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar.

2.      Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka berdasarkan teks yang dibaca dengan benar.

3.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.

4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai bangun datar dengan menggunakan gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

6.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

Alat dan Bahan :

            Alat : cutter, gunting

            Bahan : sterofom, lem kertas, doble tip.

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah pembuatan :  

1.      1. Potonglah sterofoam sesuai dengan bentuk puzzle yang ingin dibuat.



2.      2. Tempelkan bentuk-bentuk bangun datar di atas potongan-potongan puzzle.

3.      3. Tempelkan nama-nama bangun datar di atas potongan puzzle lainnya.



 

4.     4.  Puzzle siap di gunakan

 

Produk akhir :




 


    














Komentar